Friday, November 17, 2006

Bubur kacang hijau

Mendapat kado dari seorang teman yaitu buku koleksi resep makanan kecil dari asia. Jadi dapat ide untuk hidangan acara coffee morning deh. Coffee morning ini dihadiri oleh ibu2 dari anak2 yg sekelas dengan Farah. Jadi habis mengantar anak2nya ke sekolah, para ibu ini langsung menuju rumahku, sengaja kuhidangkan temen minum kopi ini dengan santapan yg rada berat. Mengingat mereka akan kembali ke sekolah pukul 1 untuk menjemput anak2. Jadi kalo makan siangnya rada telat2 mah ok aja deh.....
Hari itu temen minum kopi dan teh nya adalah pisang goreng, serabi, fruit salad, dadar enten, bubur kacang hijau yg dihidangkan terpisah dengan bubur ketan hitam dan santannya. Teman2 asing ini tampak sekali menikmati hidangan indonesia. Di bawah ini ada beberapa resepnya.

Bahan2 :
  1. 1 cup kacang hijau
  2. 6 cups air
  3. 2 bh daun pandan, simpul atau bisa juga pakai vanilla essence
  4. 1 1/2 tbsp sagu mutiara (optional)
  5. 4 tbsp coconut cream
  6. 1/4 garam
  7. 3/4 cup gula merah
  8. 1-3 tbsp gula pasir

membuatnya :

  1. cuci bersih kacang hijau, lalu rendam selama 2 jam. Cuci lagi , buang airnya
  2. masak kacang hijau bersama air, daun pandan sampai mendidih. Kecilkan api, tutup panci dan masak sampai kacang hijau empuk selama 45 menit
  3. jika memakai sagu, cuci bersih sagu. Kalau kacang hijau tlah empuk, tambahkan sagu mutiara, aduk2 sampai mutiaranya jernih dan membesar selama 15 menit. Kalau tidak menggunakan sagu mutiara, masak kacang hijau dengan panci terbuka selama 15 menit lagi.
  4. Buang daun pandan, masukkan coconut cream, garam, dan kedua macam gula. Cicipi rasa, aduk terus perlahan selama 2 menit.

Babur kacang hijau ini dapat disajikan hangat ataupun dingin.